Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Kopi Lanang / Peaberry

SS COFFEE - Kopi lanang peaberry merupakan sebutan untuk biji kopi yang mengalami kelainan (anomali). Kelainan disini bukan berarti biji kopi tersebut buruk. Selama tidak ada cacat, biji kopi tersebut masih bisa dinikmati. Bahkan kopi ini cukup banyak Peminatnya.

Biji Kopi Lanang

Di Indonesia kopi ini disebut kopi lanang Peaberry, semenatara di pasar internasional kopi lanang ini disebut peaberry. Bentuk kelainan kopi lanang Peaberry ini bisa dilihat dari bentuknya. Biasanya waktu panenpun sudah bisa diidentifikasi dan kemudian dipisahkan waktu proses sortir.

Bentuk biji kopi lanang Peaberry berbeda dari biji kopi pada umumnya. Jika biji kopi biasanya berbentuk seperti setengah bola yang lonjong, satu sisi pipih sementara sisi lainnya membulat. Untuk biji kopi lanang Peaberry bentuknya hampir lonjong membulat.

Jadi dalam 1 cherry kopi hanya terdapat 1 biji utuh (monokotil), tidak terbagi dua (dikotil). Kelainan ini terjadi bisa karena beberapa faktor, bukan merupakan hasil rekayasa tetapi alami. Bisa karena kelainan genetik biji kopi, malnutrisi dan juga penyerbukan yang kurang sempurna.

Hasil Produksi Kopi Lanang Peaberry

Sudah jelas bahwa kopi lanang Peaberry bukan merupakan rekayasa tetapi alami. Selain itu kopi ini juga bukan berasal dari spesies atau varietas tanaman kopi tertentu. Baik robusta, arabika maupun jenis lainnya, ada kemungkinan terdapat biji kopi lanang Peaberry peaberry. Tetapi jumlahnya hanya sedikit dalam setiap pemanenan.

Pemrosesan Dan Cita Rasa Kopi Lanang Peaberry

Jika ada yang terbiasa membeli biji kopi mentah (green beans), tidak menutup kemungkinan akan menemukan kopi lanang Peaberr. Tetapi beberapa prosesor biasanya sudah mensortasi antara biji kopi biasa dan kopi lanang Peaberry peaberry.

 Setelah sortasi, biji kopi lanang Peaberry juga akan disangrai sendiri secara terpisah. Hal ini dilakukan karena bentuknya yang sangat berbeda dari biji kopi biasa, tentu akan menghasilkan karakter yang berbeda ketika disangrai.

Ada referensi yang menyebutkan cita rasa biji kopi lanang Peaberry peaberry sama dengan single origin–nya. Hanya saja sedikit lebih asam, aromanya juga lebih kompleks dan memiliki body yang lebih tebal, bahkan ada juga yang menyebutkan aromanya mirip kopi luwak.

Nilai Jual Kopi Lanang Peaberry peaberry

Dengan jumlah produksi tidak lebih dari 5% dari total panen kopi. Tentu saja nilai jual kopi lanang Peaberry peaberry lebih mahal dari biji kopi biasa. Biji kopi lanang Peaberry yang telah disangrai bisa dibanderol Rp 250.000,- per kilogram. Hal ini karena tentu saja karena proses sortir yang perlu ketelitian lebih daripada biji kopi biasa.

Harga kopi lanang Peaberry peaberry juga menyesuaikan jenisnya, harga kopi lanang Peaberry arabika pasti berbeda dengan kopi lanang Peaberry  robusta. Yang menarik harganya bisa mencapai 1 juta rupiah per kilogram jika merupakan proses pencernaan luwak liar.

Selain itu juga ada pendapat, bahwa kopi lanang Peaberry peaberry berkhasiat untuk menambah stamina laki-laki. Tetapi belum ada penelitian atau uji secara klinis mengenai pendapat tersebut.

Jadi sudah pernah mencicipi kopi lanang Peaberry, atau malah belum pernah ? Tidak ada salahnya kalian mencobanya. Kalau sukanya arabika, silahkan dicoba kopi lanang Peaberry arabika. Kalian bisa temukan dengan mudah di Toko Kami.

Jangan lupa, selalu ikuti informasi terbaru perkembangan dunia kopi bersama SS COFFEE.  

Posting Komentar

0 Komentar