Ticker

6/recent/ticker-posts

Pecinta Kopi Wajib Tau, Ini Perbedaan Kopi Arabika dengan Robusta

SS CoffeeKopi merupakan salah satu minuman populer yang rutin diminum oleh banyak orang setiap hari. Melansir Britannica, budaya minum kopi mulai berkembang sejak abad XV Masehi. Kopi pada awalnya populer di jazirah Arab, lalu mulai menyebar ke Konstantinopel dan akhirnya ke seluruh dunia.


Ada beragam jenis biji kopi, namun yang paling umum dikonsumsi adalah biji kopi Arabika dan Robusta. Berikut ini perbedaan Kopi arabika dan robusta

Perbedaan Rasa Kopi Arabika dan Robusta

Kopi robusta punya rasa sedikit lebih pahit dibandingkan arabika. Hal tersebut disebabkan kandungan kafein yang lebih tinggi pada robusta. Jumlah kuat yang diklaim dua kali lipat dibandingkan arabika. Selain itu, rasa pahit pada kopi robusta juga disebabkan karena kandungan asam klorogenat (CGA) hingga 7-10%, sedangkan kopi arabika hanya 5,5-8%.

Perbedaan Harga Arabika dan Robusta

Pohon kopi robusta lebih tahan banting dibandingkan arabika. Robusta dapat tahan di tempat bersuhu tinggi dan lebih bagus jika terkena sinar matahari langsung. Selain itu, karena kandungan kafein dan CGA yang lebih tinggi, robusta juga lebih tahan dari serangan hama dan penyakit dibandingkan arabika. Per hektare, ladang robusta juga dapat memproduksi kopi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan arabika. Faktor-faktor tersebut, ditambah masa tanam kopinya membuat harga robusta lebih murah dibandingkan arabika.

Perbedaan Biji Kopi Arabika dan Robusta

Biji Kopi Arabika
Biji kopi robusta lebih kecil dan bulat dibandingkan arabika. Warna robusta mentah juga lebih gelap dibandingkan arabika. Perbedaan antara kedua kopi paling populer ini juga bisa kamu lihat dari bentuk daunnya. Bentuk daun pohon kopi robista lebih lebar dari pada arabika.

Budidaya Kopi Arabica dan Robusta di Dunia

Sekitar 75% produksi kopi dunia adalah arabika dan 25% robusta. Brasil merupakan produsen arabika terbesar dan Vietnam menjadi produsen robusta terbesar di dunia. Satu hal yang perlu diingat adalah pr eferensi rasa dan profil akan bervariasi dari orang ke orang. Ada banyak orang yang menikmati campuran isi robusta yang baik sementara yang lain hanya menyukai 100% arabika. Nikmati dan pastikan untuk berbagi.

Nah, setelah tau perbedaan kopi arabika dan robusta kira-kira kalian suka yang mana???

Posting Komentar

0 Komentar