Ticker

6/recent/ticker-posts

Kamu Wajib Tau Macam-macam Level Roast Kopi yang Anda Minum

SSCOFFEE.ID - Saat Anda membeli biji kopi, apa hal yang pertama kali Anda lihat pada kemasannya? Selain tasting notes dan roast date, pernahkah Anda melihat istilah roast level pada kemasan tersebut? Pada umumnya, ada sebagian penyangrai yang juga menuliskan roast level pada kemasan sebagai panduan saat Anda membeli kopi.

Level Roansting pada dasarnya adalah indikator warna dari biji kopi ketika diroasting. Secara mendasar, ada 3 tingkatan yang biasanya paling sering kita lihat atau dengar: light, medium dan dark.


Saat biji kopi mentah disangrai, faktor terpenting yang dapat menentukan rasa kopi pada cangkir yang Anda minum ini adalah roast level. Sebelum disangrai, biji kopi mentah memiliki tekstur yang lembut, dengan aroma seperti rumput segar dan sedikit/bahkan tanpa rasa.  Nah, saat proses sangrai inilah, biji kopi mentah akan berubah menjadi biji kopi yang khas, beraroma, dan renyah, yang kita kenali saat membeli kopi whole beans.

Apa pengaruh roast level ini pada kopi yang akan Anda minum? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Light roast

Pada level sangrai ini, biji kopi biasanya berwarna coklat muda terang, light body, dan tidak ada minyak pada permukaan biji kopinya. Light roasted beans seperti ini biasanya cenderung memiliki rasa seperti gandum panggang renyah dan tingkat keasaman yang lebih tinggi dibandingkan level sangrai lainnya. Selain karakter rasa kopinya yang lebih kaya dan kompleks, pada level ini kafein yang terdapat pada kopi juga lebih banyak. Istilah lain untuk level sangrai seperti ini adalah Half City, Light City, New England, atau Cinnamon.

Medium roast

Pada level sangrai medium, biji kopi berwarna lebih coklat dibandingkan light roast. Serupa dengan level sangrai light roast, tidak ada minyak pada permukaan biji kopinya. Namun, medium roast memiliki karakter rasa kopi yang lebih balance dari sisi aroma, kompleksitas rasa dan tingkat keasaman. Kadar kafein pada kopi yang disangrai medium roast ini agak sedikit lebih rendah dibandingkan light roast. Pada umumnya, inilah level roasting yang paling sering kita jumpai saat membeli biji kopi ritel di kedai kopi. Istilah lain untuk level roasting ini adalah City, Breakfast, Regular, dan American.

Dark Roast

Pada level ini, biji kopi berwarna coklat gelap atau bahkan hampir berwarna hitam. Kopi dengan level dark roast memiliki permukaan yang sangat berminyak, sehingga saat kita seduh kopinya, minyak ini akan kelihatan kentara di permukaannya. Kopi yang disangrai pada level ini umumnya memiliki karakter rasa pahit, berasap atau terbakar dan body yang lebih terasa tebal. Kadar kafein pada kopi ini jauh lebih rendah dibandingkan light roast dan medium roast. Kopi-kopi yang biasa Anda temui di Starbucks atau di Italia umumnya berada pada level ini.


Bagaimana pendapat Anda? Sudah pernahkah Anda mencoba semua roast level yang kami jelaskan di


Posting Komentar

0 Komentar